Wednesday, October 12, 2016

Mudahnya Mengurus Visa Waiver Jepang






Salah satu kelebihan punya e-passport adalah nggak usah ribet urus visa kalau mau ke Jepang. Cukup registrasikan e-passport kita di Kedubes Jepang, dan lalu kita sudah bisa masuk ke Jepang. Yeaaayyy...

Pengurusan visa itu kan memang agak-agak repot ya. Dari mulai mesti siap itinerary yang "masuk akal", bukti booking hotel (padahal kalau liburan lebih murah nginep di airbnb ya kan? :D), bukti bookingan tiket pesawat, buku tabungan dengan minimum nominal yang sudah "ditentukan", dan dokumen-dokumen lainnya yang mesti kudu wajib dilampirkan waktu kita urus visa. Nah, kalau urus visa waiver ini lebih simple. Cukup bawa e-passport kita dan isi form registrasi untuk visa waiver Jepang yang bisa kita download di sini dan lalu antri deh di kantor Kedubes Jepang.

Kantor Kedubes Jepang yang ada di Jakarta beralamat di Jalan MH. Thamrin No. 24, persis di sampingnya Plaza Indonesia / EX Plaza. Jadi untuk yang bawa mobil, silahkan parkir di Plaza Indonesia, lalu jalan kaki ke Kedubes Jepang.
Begitu sampai di kantor Kedubes Jepang, tas atau barang bawaan kita akan dicek oleh security, kalau sudah clear, baru kita bisa masuk dan tukarkan KTP kita dengan kartu tanda masuk di loket depan, persis sebelah kanan setelah pintu masuk.
Kalau sudah dapat kartu tanda masuknya, kita akan melewati security lagi untuk kembali dicek tas dan barang bawaan kita. Setelah itu, baru deh kita masuk ke kantor dimana di situ berjajar 4 loket yang di bagi 2, yaitu A dan B. Untuk pengurusan visa ataupun visa waiver, akan dilayani oleh loket A. Jadi waktu kita ambil nomor antrian, ambilah di mesin A. 

Di sini berasa banget suasana Jepangnya (yaiyalaaaaah namanya juga kantor Kedubes Jepang -_-). Dan harus dingat banget, di sini nggak akan ada suara-suara manggil no antrian, seperti misalnya: "No antrian enam-puluh-empat silahkan menuju loket 1". Duh jangan harap ada yaaa. No antrian yang sudah tiba gilirannya hanya akan muncul di layar yang ada di atas loket sambil diiringi bunyi bel yang "tinung tinung". Nah lho kayak apaan tuh bel tinung-tinung -___-".
Jadi kita harus banget ingat no antrian kita berapa dan no antrian berapa yang sedang diproses di loket, supaya nggak terlewat. Karena kalau terlewat, walaupun itu cuma terlewat satu nomor, mereka nggak akan mau melayani. Mau nggak mau harus ambil no antrian lagi. Haiiyaaaahhhh....
Pengalaman aku kemarin, di sebelah aku duduk ibu muda yang cantik dan kece berat dandanannya. Dan ibu ini sibuk banget dengan handphonenya, dari mulai selfie, foto-foto ruangan, pokoknya sama sekali nggak lepas dari layar handphonenya. Ealaaah tau-tau dia berdiri dengan kaget dan terburu-buru lari ke loket 2. Ternyata nomor antriannya sudah terlewat 1 nomor. Setelah sedikit memaksa ke petugas, akhirnya ibu ini dengan lunglainya jalan ke mesin tiket untuk ambil nomor antrian baru. Duh kesian, sabar yaa bu. 

Oya, di dalam kantor Kedubes Jepang tidak diperkenankan nelpon di dalam ruangan, walupun kita ngomongnya bisik-bisik sekalipun, tetap akan disamperin petugas untuk dipersilahkan nelpon di luar. Daripada waktu kita lagi nelpon terus nomor antrian kita terlewat, mendingan nggak usah angkat telpon sama sekali deh ya. Kalau main handphone masih boleh asal silent.

Pengurusan visa waiver ini mudah banget. Nggak sampai 5 menit di loket (antrinya sih yang agak lama), lalu besoknya  e-passport kita sudah bisa diambil dan sudah dengan sticker visa waiver yang tertempel di dalamnya. Setelah itu kalau mau langsung ke Jepang pun sudah bisa. :D

Visa waiver ini berlaku selama 3 tahun atau sesuai masa berlaku passport kita. Kalau ternyata masa berlaku passport kita 2 tahun lagi, maka visa waiver ini pun masa berlakunya 2 tahun lagi. Dan dengan visa waiver ini kita boleh stay di Jepang maksimal selama 15 hari. 

Asik ya sekarang kita nggak perlu repot lagi urus visa kalau mau ke Jepang. Jadi buat yang kebetulan lagi mau bikin passport atau mau perpanjang passport, mending sekalian bikin e-passport supaya kalau ternyata ada kesempatan liburan ke Jepang, tinggal urus visa waiver aja deh. :D


No comments:

Post a Comment