Thursday, October 17, 2013

Plane Ride With Baby

Hallo mommies.. :D

Ceritanya gw mau cerita pengalaman gw waktu bawa Naya naik pesawat. Udah agak basi siiih, tapi nggak apa2 lah yaaa. Siapa tau ada mommie yang mau liburan naik pesawat bawa babynya dalam waktu dekat? :D
Here we goo..

Jadi, gw udah 2x bawa naya jalan2 naik pesawat. Yang pertama waktu ke Singapur, yang keduanya waktu ikut si papap trainning ke Lombok. Dan alhamdulillah dua2nya lancaaar jaya. Horreeee..

Waktu ke Sing, kita naik pesawat jam 10.30 pagi kalo nggak salah, tapi delay sampe jam 11.45. Fffiiuuh.. Sepanjang dari berangkat sampe kita duduk di dalem pesawat, gw nggak biarin naya nen. Ajak maiiiiiiiin teruuuus. Hehehe.. Maksudnya biar Naya capek dan bobok pules di pesawat.
Jam 11 Naya sempet ngerengek minta nen. Tapi papapnya langsung sigap ajak main jalan2 keliling2 ruang tunggu. Kalo dibiarin nen, bisa2 Naya bobok dan melek di pesawat. Aduh gaswat kaaan..
Alhamdulillah lagi berhasiiil... Horreee.. Sepanjang perjalanan Soetta-Changi Naya pules bobok. Sampe eikeh bisa makan saking pulesnya bobok Naya. Hihi
Waktu perjalanan pulang juga sama, dilarang bobok sebelum naik pesawat! Hahaha..

Kalau pas ke Lombok, kia naik pesawat jam 5.30 pagi cyiiiin.. Naya udah gw bangunin dari jam 4, jadi wajar kalo dia bobok pules sepanjang di pesawat.
Tapi waktu itu gw sempet dagdigdug karena kita dapet pesawat yang nggak direct flight, jadi mesti ganti pesawat BALING2 di Bali. Aduuuh.. Sempet takut Naya rewel naik pesawat baling2. Tapi, alhamdulillah semua lancar car carrrrr, aman, selamat sentosa sampe di hotel.
Kenapa kita pilih pesawat yang nggak direct flight? Ini semua dikarenakan jadwal misua yang padet.
Suami gw baru sampe Jakarta (dari lapangannya di Natuna sana) jam 5 sore. Dan sampe rumah biasanya baru maghrib. Penerbangan Jakarta-Lombok baru ada Garuda Indonesia, Lion Air, dan Merpati Airlines. Garuda last flight jam 8, nggak akan kekejar sama sekali. Sedangkan first flight ke lombok baru ada jam 10 pagi. Sedangkan suami gw mesti udah sampe Lombok jam 11 siang. Terpaksa kita coret si Garuda buat berangkat, untuk pulang kita baru bisa pake Garuda.

Pilihan Airlines yang kedua (Li** Air), nggak bisa kita pilih karena perusahaan Migas nggak kasih izin karyawannya naik airline tersebut. Alasannya karena satu dan lain hal. Hehehe
Lagi2 terpaksa kita coret deh, padahal si Li** jadwalnya cocok banget sama kita. :(

Yaudin, mau nggak mau kita pilih si Merpati. Kenapa mau nggak mauuu. Karena si Merpati ini nggak direct flight dan mesti  ganti pesawat kecil baling2 dari Bali-Lombok. Agak2 deg2 serrr juga gw waktu itu.
Tapi yaaa bismillah aja deh.. :)
Alhamdulillah Naya nggak rewel sama sekali waktu perjalanan kita ke Lombok. Cuma pas pulang dari Lombok-Jakarta, ada insiden kecil, yaitu: Naya muntah!! Haduuuuh..
Bukan karena mabok udara, tapi karena ikutan makan kwetiau yang disediain sama Garuda, alhasil keselek toge.. Aiiiih Naya aya2 wae.
Garuda emang keyen yaa, mbak pramugarinya waktu liat Naya muntah  langsung sigap kasih selimut buat Naya. Tima'aciih mbak plamugaliii.. :>
Begitu abis muntah, Naya langsung bobo pulesssss.

Buat mommies yang berencana mau bawa stroller naik pesawat, tenang2 aja, semua lancar2 dan gampang kok.
Stroller diambil petugas waktu kita mau masuk ke pintu pesawat. Jadi cool calm confidence aja (halah opo toh?!), nggak usah masuk ke bagasi. Jadi bisa dipake selama kita di bandara. 
Dan waktu gw naik AirAsia ke Sing, stroller nggak ada waktu kita keluar pintu pesawat, dan nggak keluar juga bareng barang2 bagasi. Tapi keluarnya di bagian Odd Size. Di Changi ada di paling ujung kanan. Odd size ini pun waktu gw agak lama keluarnya. Jadi mesti sabar menanti. Hehehe..

Makanan dan minuman bayi pun boleh masuk pesawat asal wadahnya ketutup dan max berapa ya beratnya. Gw lupa.. Gw sempet tlp AirAsianya jauh2 hari sebelum berangkat.

Terus, siapin cemilan dan selimut baby di diaper bagnya (diaperbag wajib handcarry). Kalo2 baby nggak mau bobo dan nggak mau nen, bisa kita kasih cemil2.
Cemilan yang waktu itu gw siapin adalah Puff Snack Happy Baby yang udah ditempatin ke snack catchernya sama cookiesnya Baby Bar. Tapi nggak kemakan waktu di pesawat gara2 Naya bobok pulesss. Hihihi

Laluuuu.. Apalagi yaa?
Oya, untuk yang belum punya Light Stroller (kayak gw), bisa sewa aja. Gw sewa Maclaren Volo ke Nicshopnrent, ownernya Mbak Ellen cepet banget responnya. Harga sewa Volo di mbak Ellen Rp 150000/bulan dengan deposit Rp 100000 yang dibalikin pas stroller udah balik ke mbak Ellen dengan keadaan yang sama waktu dianter. :)
Maclaren Volo ini emang ringan dan simpel banget. Enak buat travelling.. Cuma agak2 kurang nyaman buat si baby kalo bobok. Jadi siapin aja bantal leher yaa. :)

Mmm apa lagi ya? Kayaknya itu aja deh yang mesti diperhatiin kalo mau bawa baby naik pesawat.

Well, happy travelling mommiieeess.. :*



No comments:

Post a Comment