Wednesday, February 6, 2013

My Financial Planner

Beruntunglah gw punya suami yang ngelotok banget soal finance. FYI, suami gw ini bukan seorang ekonom, tepatnya nggak pernah kuliah ekonomi. Suami gw ini seorang petroleum engineer. Tapi herannya, dia kok paham bener soal ekonomi.

Dari jaman pacaran gw udah tau kalo dia jago ngelola uang. Tiap bulan pasti ada aja uang lebih buat ditabung. Nominal tabungannya lumayan banyak buat ukuran mahasiswa yang pemasukan bulanannya cuma ngandelin transferan orang tua. Dan anak kos pula. Gw akuin suami gw ini emang nggak boros, tapi nggak berarti pelit lho. Hehe.. Waktu jaman pacaran gw nggak terlalu peduli sama gimana cara dia ngelola uang. Yang gw tau dia irit tapi nggak pelit.

Sedangkan gw, gw ini pemboros ulung. Begitu akhir bulan suka meringis liat angka di atm tanpa tau lari kemana tu uang. Omaygat, sangat tidak patut dicontoh. -_-

Sebelum nikah, kita udah ngomongin masalah keuangan. Karena kata yang udah2 ini adalah masalah yang suka bikin cekcok, jadi mesti diomongin dari jauh2 hari gimana2nya. Jadi pas nikah, udah nggak kaku dan kaget lagi.
Dari hasil obrolan kita, dipercayakanlah gw si pemboros ini buat megang keuangan keluarga dengan bimbingan suami gw tentunya. Beban, udah pasti.. Karena jujur, gw sendiri masih belum berani buat ngatur keuangan keluarga. Takut keenakan jajan2 lagi. Kalo waktu masih single sih yang nerima konsekuensikan gw doank, tapi kalo udah berkeluarga,, banyak pihak yang akan dirugikan. Weleeh.. Itu dia sebab musabab gw belum mau dilepas sendiri.

Lagi2 salut sama suami gw ini. Dia udah ngerencanain semuanya dengan rapi pi pi pi! . Dana darurat udah dipisahin di rek sendiri, tabungan yang tiap abis gajian langsung diisi sekian rupiah tanpa tunggu ada uang sisa (karena nggak bakal ada deh kalo nunggu uang sisa). Termasuk pos2  pengeluaran rutin tiap bulannya (kayak uang belanja, cicilan apt, bensin, tv cabel, dll) disusun rapi dalam bentu excel. Jadi masing2 pos udah ada budgetnya sendiri biar nggak menggelembung di akhir bulan. Wooow..
Dan begitu gw hamil, suami gw nggak tunggu lama buat siapin dana pendidikan anak. Dia langsung beli reksadana saham buat dana kuliah SMP-kuliah anak, dan obligasi buat biaya TK-SD. Semua udah dia itung dengan perkiraan inflasi dunia pendidikan sekitar 20%. Huaah beruntunglah kau nak punya Bapak seperti papapmu. :D
Kenapa nggak pake asuransi pendidikan atau unitlink? Jauh sebelum gw tau, suami gw udah tau duluan kalo AP atau UL nggak akan bisa nutup biaya pendidikan anak kelak, karena ya itu inflasinya gila2an. Ckckck.. Cium dulu ah.. :P

Emang dasar si gw, baru sekarang gw pake aplikasi pengatur keuangan di hp yang sebenernya udah lama suami download-in. Dulu gw sok2an nggak mau pake. Alesannya "ribet ah". Hidiih ampun dah si gw! Dan bener aja, keok banget gw ngatur keuangan tanpa aplikasi ini. Beerrantaakkan! Sampe dalam waktu 2 bulan berturut2 gw kebobolan, baru deh insaf. Hampuuuun sandraaa! Oiya, nama aplikasinya: Mibudget. Bisa disearch di bb app world. :) it really works..

Dan dasarnya lagi, baru sekarang ini gw rajin baca2 blog tentang financial keluarga, browsing2 tentang reksadana, KPR, KPA. Begitu kemaren gw bilang ke suami kalo gw pingin beli reksadana dari sisa uang belanja ( mudah2an ada. Aamiin aamiin aamiin. Bulan kemaren udah kebobolan soalnya T_T ), reaksi suami gw adalah "Lho kok tumben tau2 mau beli reksadana?" iya, bisa dipastiin  kalo suami gw kaget. Tau2 istrinya melek soal keuangan. :P . Lah iya donk, istrimu ini juga pingin ahli keuangan keluarga, biar nggak jebol lagi budget bulanannya, Pap. Hehe..
Pertanyaan selanjutnya dari suami gw adalah "buat apa emangnya, mam?"
Jadi, di lubuk hati gw ini gw punya rencana pingin liburan bertiga sama suami dan Naya tahun depan. Soalnya tahun depankan Naya umurnya 2 tahun, jadi udah bisa diajak jalan2 yang agak jauh. Yaaa
mudah2an terealisasi yaaaa pemirsaah. Aamiin.

Last words,
I love you Papap. You are AWESOME! :*

No comments:

Post a Comment